Skip to main content
Destita Perkenalkan Batik Basurek Bengkulu ke Rekan Kerja Uni Emirat Arab

Destita Perkenalkan Batik Basurek Bengkulu ke Rekan Kerja Uni Emirat Arab

Bengkulu, Rakjat.com - Tampil bangga menunjukkan identitasnya sebagai masyarakat Indonesia, khususnya sebagai putri daerah Provinsi Bengkulu, Apt. Destita Khairilisani sangat percaya diri memakai baju Batik Besurek saat melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Dubai Uni Emirat Arab (UEA) tanggal 7-11 Maret 2023.

Destita yang juga Balon Anggota DPD RI 2024 Dapil Provinsi Bengkulu ini mengatakan, Kunker dirinya sebagai perwakilan kantor farmasi di Indonesia yang berkantor pusat di Amerika Serikat. Destita menghadiri pertemuan tahunan bersama perwakilan dari negara-negara di Asia Pasifik, untuk membahas perkembangan terbaru regulasi dan mendiskusikan strategi bisnis ke depan.

"Kesini bawa budaya Bengkulu (Indonesia) tuh rasanya bangga sekali. Batik Besurek ini merupakan karya budaya asli Provinsi Bengkulu yang harus kita kenalkan bahkan ke Mancanegara. Seperti yang kita pahami bersama, dalam bahasa Melayu dialek Bengkulu, besurek artinya 'bersurat' atau 'tulisan'. Dalam bentuk kaligrafi Arab menjadi ciri khas dari batik besurek, kemudian dipadukan dengan corak bunga rafflesia yang merupakan ikon Bengkulu," jelas Destita Ketua Srikandi TP Sriwijaya Provinsi Bengkulu.

Ditambahkannya, eksistensi batik secara umum sebenarnya telah diakui dunia. Tentu kita berharap batik Bengkulu ini bisa menjadi yang terbaik di Indonesia, dan kita mulai dengan memperkenalkan batik besurek lewat berbagai aktivitas pribadi.

"Disini saya ingin memperkenalkan kepada rekan-rekan kerja saya dari berbagai negara tentang Batik Besurek, bahkan saat mengunjungi berbagai tempat saya dengan bangga memakai batik khas Bengkulu ini. Rasa kebanggaan kita untuk memakainya Batik Besurek ini tidak boleh memudar. Kita harus terus  meningkatkan rasa memiliki dan kebanggaan terhadap produk budaya kita sendiri, " pungkas Destita lulusan Magister Universitas Indonesia. (F)

Daerah