Skip to main content
.

Lakukan Kegiatan Non Fisik, Kodim 0426 Tuba Beri Wawasan Kebangsaan

Tuba - Bertempat di Gedung Meneng Tulang Bawang Kegiatan program non fisik TMMD ke- 112 Kodim 0426 Tuba mulai digelar di Balai Kampung Gunung Tapa Ilir, Kamis 16 September 2021.

Menurut penjelasan Komandan SSK TMMD ke- 112 Kodim 0426 Tuba Kapten Inf LE. Sihombing, kegiatan non fisik yang dilaksanakan hari ini adalah penyuluhan Wawasan Kebangsaan dengan pemateri Kapten Inf Arief Affuan (Perwira Seksi Teritorial Kodim 0426/Tuba).

Saat dikonfirmasi selesai melaksanakan kegiatan penyululuhan oleh awak media Kapten Arief menjelaskan, penyuluhan Wawasan kebangsaan yang diberikan agar warga masyarakat memiliki rasa kecintaan terhadap bangsa dan tanah airnya.

Wawasan kebangsaan lahir ketika bangsa Indonesia berjuang membebaskan diri dari segala bentuk penjajahan, seperti penjajahan oleh Portugis, Belanda, Inggris, dan Jepang. Perjuangan bangsa Indonesia yang waktu itu masih bersifat lokal ternyata tidak membawa hasil, karena belum adanya persatuan dan kesatuan, sedangkan di sisi lain kaum colonial terus menggunakan politik adu domba atau “devide et impera”. Kendati demikian, catatan sejarah perlawanan para pahlawan itu telah membuktikan kepada kita tentang semangat perjuangan bangsa Indonesia yang tidak pernah padam dalam usaha mengusir penjajah dari Nusantara.

Demi penguatan Wawasan Kebangsaan pada masyarakat di era milenial ini, pemberian penyuluhan tentang wawasan kebangsaan sangat diperlukan agar permasalahan Negara dan Bangsa yang mengarah pada lunturnya Ideologi Negara tidak akan terjadi.

Daerah