Skip to main content
Miris,Saluran Irigasi Tertua Di Desa Talang Liak 1,Belum Tersentuh Pembangunan

Miris,Saluran Irigasi Tertua Di Desa Talang Liak 1,Belum Tersentuh Pembangunan

Lebong,Rakjat.com- Salah satu aliran irigasi tertua yang berada di desa talang liak 1 kecamatan bingin kuning,kabupaten lebong,terlihat belum mendapat kan sentuhan pembangunan dari pemerintah daerah/desa.

Diceritakan oleh masyarakat desa talang liak 1, bawah aliran irigasi (Palua Sireak) itu adalah salah satu peninggalan zaman belanda dan salah satu irigasi tertua yang berada di desa talang liak 1,akan tetapi sampai saat ini belum mendapatkan sentuhan pembangunan dari pemerintah daerah maupun dari pemerintah desa. 

"Irigasi (palua sireak) ini setahu saya adalah peninggalan pada zaman belanda dulu,tetapi sampai saat ini belum mendapatkan sentuhan pembangunan dari pemerintah,kami harap pemerintah dapat membangun irigasi ini,mengingat irigasi ini irigasi tertua di desa talang liak 1 belum mendapatkan sentuhan pembangunan",Cetus hambali.

Lebih lanjut,dirinya mengatakan bahwa irigasi tersebut dimanfaatkan oleh ribuan hektar persawahan yang ada di kabupaten lebong yang menggunakan air dari aliran irigasi PALUA SIREAK tersebut.

"Irigasi ini dimanfaatkan oleh ribuan hektar persawahan,karena irigasi ini sampai ke balai benih pertanian yang ada di desa lemeu pit kecamatan lebong sakti"ujar nya.

Terlihat di lapangan,Para petani sekitar irigasi tersebut sangat tergantung dari aliran irigasi (palua sireak) dan berharap pemerintah dapat membangun saluran irigasi (Palua Sireak) itu.

Saat awak media Rakjat.com menyakan kepada kepala desa pjs talang liak 1 Ropen Royen, diri nya membenarkan bahwa aliran irigasi (PALUA SIREAK ) itu adalah tertua di desa talang liak 1.

Lebih lanjut,diri nya mengatakan bahwa pihak desa tidak bisa membangun aliran irigasi itu,karena irigasi tersebut dalam naungan, Pembangunan Umum (PU) bagian, Sumber Daya Air (SDA) Lebong.

"Terkait irigasi palua sireak itu,kami pihak desa tidak bisa membangun nya,karena irigasi itu dalam naungan PUPR bagian Sumber Daya Air (SDA) Lebong,harus nya kepala desa yang dulu menyampaikan dan menanyakan kepada PUPR Lebong kenapa belum di bangun",tutp Pjs Ropen Royen.(Pingki)

Daerah